Jumat, 23 Juli 2010

HTML

HTML - Belajar HTML yang merupakan dasar dari pembuatan website

* Icon Home HOME

* CATEGORY
o HTML
o XHTML (Web Standards)
o CSS (Cascading Stylesheet)
o PHP/MySQL
o Ajax
o Selingan
o Statistik Pengunjung Website

* ABOUT ME

Artikel HTML

* Home
o » HTML
+ » Belajar HTML yang merupakan dasar dari pembuatan website

Belajar HTML yang merupakan dasar dari pembuatan website
Oct 08 2007

Ditulis oleh Dhimas Ronggobramantyo
Kategori: HTML
Dibaca 48115 kali

Langsung lihat komentar

Ini merupakan artikel pertama yang saya tulis di website saya ini. Karena diwebsite ini saya akan membagi-bagikan ilmu apa aja tentang pembuatan website, maka kita pelajari biangnya dulu, dasar dari semua dasar pembuatan website yaitu HTML.

HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat website. Menggunakan tag untuk mendeklarasikan sesuatu dan tag tersebut tidak ditampilkan tetapi tag tersebut memberi tahu browser bagaimana cara menampilkan dokumen website. Serta dapat saling berhubungan dengan dokumen HTML lain yang dikenal dengan istilah link.

Suatu halaman website sebenarnya hanya sebuah halaman teks, jika anda menggunakan browser internet explorer dan anda mengklik view - source, maka anda dapat melihat teks dari web tersebut. Tetapi teks tersebut diterjemahkan oleh browser menjadi halaman website yang enak dilihat. Teks merupakan bahasa universal bagi komputer, yang berarti setiap dokumen teks (termasuk website) yang anda buat melalui Windows dapat dibaca di sistem perasi lain seperti Mac OS, Linux, Unix dan lainnya.

HTML dan hal-hal yang berkaitan dengan website distandarisasi oleh sebuah badan yang disebut World Wide Web Consortium (W3C). Standard terbaru, konsep dan proposal mengenai starndarisasi web dapat dilihat di http://www.w3.org. Standar untuk HTML terbaru adalah HTML 4.0 yang telah didukung oleh bermacam-macam browser seperti Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, Mozilla, Safari dan masih banyak lagi. Browser menterjemahkan tag yang terdapat pada dokumen HTML. Kita akan segera membicarakan mengenai tag.

Suatu halaman web merupakan file teks yang berarti anda dapat membuatnya hanya dengan menggunakan notepad saja. Bahkan jika anda masih pertama kali mempelajari HTML, notepad merupakan alat yang tepat. Saya menyarankan untuk menggunakan editplus karena menurut saya enak aja dipakainya, tetapi anda bebas menggunakan teks editor lain.
Jika anda baru pertama kali mengenal HTML, hindari Program WYSIWIG (What You See Is What You Get) seperti Dreamweaver atau Frontpage/Web Expression. Program-program ini memang memudahkan anda membuat website tetapi anda akan kurang memahami HTML, gunakan Frontpage atau Dreamweaver apabila anda sudah paham mengenai HTML.

Sekarang buka saja notepad anda dan kita mulai.
Kode HTML pertama

Buka notepad dan tuliskan kode dibawah ini

Hello World

Simpan file tersebut dengan nama hello.html didalam suatu folder (misal c:\webku) dan buka file HTML tersebut dengan browser kesukaan anda. Hasilnya seperti ini:

Hello World!!

Oke jadi apa yang dimaksud oleh "<" dan ">", ketika anda menuliskan sesuatu diantara tanda "<" dan ">" maka anda membuat sesuatu yang disebut dengan tag, kalau anda lihat dikamus bahasa inggris tag artinya tanda/label. Sebagai contoh tag maksudnya untuk memulai huruf tebal (bold) dan tag merupakan tag penutup untuk menghentikan huruf tebal.

Sebuah halaman HTML yang baik harus memiliki tag dan , tapi kita akan membicarakan masalah ini belakangan. Yang penting sekarang pahami dulu mengenai tag HTML. Sekarang akan kita pelajari lebih jauh mengenai tag HTML.

Tag HTML dibagi menjadi dua, yaitu tag HTML yang memiliki penutup (containers) atau yang berdiri sendiri (standalone).
Containers

Kebanyakan tag HTML adalah containers (kita sebut containers saja sebab sulit mencari terjemahannya dalam bahasa Indonesia) yang berarti tag tersebut memiliki pembuka (batas awal) dan penutup (batas akhir). Teks yang berada diantara tag pembuka dan penutup akan berubah sesuai dengan fungsi dari tag tersebut. Perhatikan contoh berikut:

Hello World!!


Hasil:

Hello World!!

Tag berguna untuk memiringkan teks (italic) tag memiliki penutup yaitu . Tag penutup selalu ditandai dengan "/". Contoh diatas terdapat teks World!! diantara tag pembuka dan tag penutup sehingga menghasilkan tulisan World!! yang miring. Tag pembuka memiliki atribut tetapi tag penutup tidak memiliki atribut.
Standalone Tag

Beberapa tag tidak memerlukan penutup sebab tag tersebut hanya berfungsi untuk menempatkan sebuah elemen pada halaman web. Sebagai contoh tag yang merupakan tag untuk memasang sebuah gambar didalam halaman web. Tag lain yang tidak memiliki penutup adalah
yang berguna untuk memberi jarak antar teks dan tag
untuk memberi garis. Tag HTML cukup banyak jumlahnya, anda dapat mencarinya dibuku-buku atau mencarinya melalui google untuk mengetahui apa saja jenis tag HTML. Tapi saya akan beritahu yangpenting-penting saja.
Atribut

Atribut dipasang didalam tag pembuka untuk menambahkan fungsi dari tag tersebut. Setiap tag memiliki beberapa atribut dan dipasang sesudah nama tag dibatasi oleh spasi. Urutan atribut tidak perlu diperhatikan. Kebanyakan atribut memiliki nilai yang dipanggil dengan menggunakan tanda "=" sesudah nama atribut. Bingung? coba kode berikut ini dijamin anda mengerti:

Hello face="verdana" size="2" color="red">World!!

Hasilnya:

Hello World!!

Tulisan World!! terletak ditengah tag nah tag memiliki atribut face, size dan color yang dapat anda ubah nilainya. Cobalah untuk mengubah ukuran (size) menjadi 3 atau jenis fontnya ubahlah dari verdana menjadi arial. Kira-kira seperti itu kegunaan atribut. Bagaimana? lanjut?
HTML Entity

Jika anda ingin menuliskan karakter khusus dalam web, maka anda perlu menulisnya menggunakan kode khusus. Kode khusus ini dikenal dengan istilah HTML entity. Sebagai contoh anda ingin menulis seperti ini:

Saya belajar web

Anda lihat ada jarak spasi antara belajar dan web. Anda tidak bisa membuat spasi dengan menekan tombol space bar berkali-kali. Meskipun pada kode HTML hasilnya terdapat jarak namun browser hanya membacanya sekali, jadi sebanyak apapun space bar yang tekan browser hanya membacanya satu spasi. Lalu bagaimana caranya? Spasi dalam HTML memiliki kode HTML entity yaitu jadi untuk membuat seperti contoh diatas anda perlu menulisnya seperti ini:

Saya belajar web

HTML entity selalu diawali dengan "&" dan diakhiri dengan ";" ada banyak sekali HTML entity anda dapat mencarinya, dan lagi-lagi saya akan menyuruh anda mencarinya sendiri melalui google.
Struktur Dokumen HTML

Tadi sudah saya katakan bahwa HTML yang baik memiliki tag dan . mendefiniskan bagian header dari dokumen HTML yang berisi informasi mengenai dokumen HTML tersebut. Tag tidak memiliki atribut tetapi memiliki container khusus didalam header seperti , , dan

bgcolor="#cccccc">
Hello World!!


Hasilnya didalam Microsoft Internet Explorer :
Contoh HTML dasar

Anda lihat teks yang berada diantara tag

Kira-kira seperti itu, ok anda telah mempelajari HTML, sekarang anda tinggal turun gunung dan mempraktekkan apa yang sudah dipelajari. Teruslah mencoba agar anda semakin ahli.
Simpan artikel ini ke: Digg it Del.icio.us Furl Reddit
Komentar [161]
1
Komentar Dikirim oleh chandra pada 27 Oktober 2007 09:41:20 WIB

kode navigation
2
Komentar Dikirim oleh Sulistyo pada 29 Oktober 2007 03:12:06 WIB

Assalamu'alaikum
saya pemula dalam html, bisakah saya mendapatkan artikel-artikel anda untuk saya pelajari di rumah karena saya harus ke warnet tiap kali membuka web anda. Jika berkenan mohon kirimkan artikel anda melalui e-mail saya : zilluz9walli@yahoo.com
sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih
Wassalamu'alaikum
3
Komentar Dikirim oleh Andi Reza pada 29 Oktober 2007 05:29:51 WIB

Assalamualaikum
wah..artikel yang sangat berguna bagi pemula seperti saya...minta tolong donk..kira2 server website yg pling mudah dipelajari tu situsnya apa ya???
dan kira2 berapa biaya perbulannya???
Kalo anda sendiri memakai server apa untuk buat web ini??keren banget....
tolong kirimkan saya info masalah ini ya..
ke : andi_salvo@yahoo.co.id
trims
4
Komentar Dikirim oleh Dhimas pada 30 Oktober 2007 07:57:30 WIB

to Sulistyo

hmmm, saya malah belum kepikiran untuk membuat artikel2 terebut keformat lain. Mungkin nanti suatu saat saya akan konvert semuanya ke pdf, tapi kalo artikelnya udah banyak. Btw saya juga kalo internet lewat warnet kok.

to Andi Reza

Saya hosting semua website saya make masterwebnet. Dulu masterwebnet bagus tapi sekarang mulai payah, layanan support ama billingnya mulai jelek. Kebanyakan pelanggan kali, tapi mau gimana lagi layanan hosting lainnya lebih parah. Mau yg bagus ya pake layanan hosting dari luar negri
5
Komentar Dikirim oleh priyo adhi nugroho pada 04 November 2007 06:57:37 WIB

ini bagus sekali buat pemula..
tapi ajarin saya dong ?!
tolong telepon saya 02199776192
6
Komentar Dikirim oleh derek pada 06 November 2007 10:32:07 WIB

Bagaimana pun, saya harus mengakui kebaikan dan Kelebihan bung DHIMAS RONGGO BRMANTYO dalam membagi pengetahuannya, karena hal ini sangat berguna bagi saya yang buta tehnologi ini.
Kalau semua orang mau seperti bung DIMAS, saya yakin istilah katrok tdk akan berlaku lagi.

salam hangat,

derek
7
Komentar Dikirim oleh agoes pada 07 November 2007 04:10:21 WIB

makasih tutorialnya,,,,aq sdh bs buat tabel mas, tapi waktu aku pasang jaraknya dari judul posting kok jauh ke bawah,...
8
Komentar Dikirim oleh frend pada 25 November 2007 04:45:31 WIB

saya msh bljar, bisa ksh cntoh web pribadi ngga ?
9
Komentar Dikirim oleh Ketut Wirdayasa pada 01 Desember 2007 08:47:54 WIB

Sdr Dhimas adalah guru web desiner saya yang membuat saya bisa membuat website. Walaupun pengetahuan saya membuat website belum sempurna tetapi sudah ada beberapa website yg telah saya buat : www.hindu-sumbar.net dan www.boatcharters-association.com dan www.kumbang-island.com tetapi saya belum puas sampai disini karena penampilan website saya penampilannya belum cantik.
10
Komentar Dikirim oleh daru pada 07 Desember 2007 08:36:32 WIB

ass
makasih mas atas informasinya yang bagus banget
saya ingin nanya apa aja sih keuntungun kita punya web dari segi materil dan non materil
tolong jawabanya yaa
ok
kirim ke daroee@yahoo.com
hantur nuhun
terima kasih banyak
11
Komentar Dikirim oleh hulla pada 17 Desember 2007 01:41:47 WIB

heloomas..wah..thankya atas tutor html..tapi ada yang aneh..ada g yang udah jd kaya web yang mas buat ni..ya pengen tau sih karna tugas.
12
Komentar Dikirim oleh Ajie pada 21 Desember 2007 01:55:01 WIB

Halluu Mas..Quw mo tanya,,gimana sich cara buat tulisan biar bisa berjalan dan kerlap-kerlip??yang saya tau cuma tulisan yang berjalan tapi yang formatnya Marquee & marquee behaivor=alternate...kalo yang lainya itu ada ga???sekalian minta contoh web site yang dibuat dari front page...
Ta tunggu jawabannya ya mass..
key
kirim aza ke Cah_futsal@yahoo.co.id
Thanx Before
13
Komentar Dikirim oleh hillda z pada 30 Desember 2007 02:47:46 WIB

mas tolong kirimin saya contoh notepad pembuatan web desain ke email saya ya,tolong ecepatnya cos mo ta pake disemester 2 ini.kalo ada dari berbagai program macromedia seperti dreamweaver,dll.
kirim aza ke hillda_joy14u@yahoo.com
thank's
14
Komentar Dikirim oleh Rukma pada 02 Januari 2008 03:29:19 WIB

Mas minta tolong donk... klo buat koneksiin form di dalem NOTEPAD codenya apaan...

contoh:
form page1 diisi, trus ... isinya ini nongol di page2 ...
ama code yg koneksi ke database juga ya...

sebelumnya tq

another.dayz@yahoo.co.id
15
Komentar Dikirim oleh zahra pada 09 Januari 2008 12:44:01 WIB

tengkyu
16
Komentar Dikirim oleh Panji pada 14 Januari 2008 10:07:43 WIB

mas saya masih pemula,bisa kasi contoh web pribadi??

kirim ke email saya..

Eka_panji_s@yahoo.com
17
Komentar Dikirim oleh riescha pada 16 Januari 2008 09:20:11 WIB

thanks bgt ya
tutorialnya berguna bgt
18
Komentar Dikirim oleh harryo pada 23 Januari 2008 01:07:30 WIB

mas tolong kirim contoh web pribadi ke e-mail gw y, bt tambah idea aza: sen_tan86@yahoo.com

thanks
19
Komentar Dikirim oleh udin pada 01 Februari 2008 02:50:51 WIB

Jika anda baru pertama kali mengenal HTML, hindari Program WYSIWIG (What You See Is What You Get) seperti Dreamweaver atau Frontpage/Web Expression. Program-program ini memang memudahkan anda membuat website tetapi anda akan kurang memahami HTML, gunakan Frontpage atau Dreamweaver apabila anda sudah paham mengenai HTML.

emang harus gunakan program apa?
maklum msh newbie :">
20
Komentar Dikirim oleh Dhimas pada 09 Februari 2008 11:22:41 WIB

to Ajie

di html adanya marquee aja, kalo css bisa buat kelap kelip pake text-decoration:blink tapi gak jalan di IE, kalau mau kelap kelip paling bagus pake javascript.

to Hulla

hehehe apanya yang aneh, ini web juga saya buat pake dsar2 diatas + php/mysql + css + photoshop buat desain tamiplannya

to Rukma

koneksiin database ya pake php, mau proses form juga pake php, html tidak bisa memproses form.

to udin

pake program text editor, kayak editplus atau notepad++ atau notepad. Emang lebih sulit tapi nanti pasti lebih jago.
21
Komentar Dikirim oleh Coba Dong pada 16 Februari 2008 08:16:15 WIB

Bagaimana menentukan batas maksimum characters didalam cell seperti ini :
ccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccc maka cell akan semakin lebar
22
Komentar Dikirim oleh ie_cha pada 17 Februari 2008 03:47:09 WIB

Sebelumnya makasih atas informasinya!!
saya sedang mempelajarinya.
saya ko ga berhasil ya...hasil yang terlihat di internet explorer...bukan hasil yang diharapkan...malah seperti kode programnya. Apa yang salah ya?
trus klo mau diberi web banner yang sudah di edit di photoshop, caranya gimana ya...makasi
23
Komentar Dikirim oleh Bimakov pada 18 Februari 2008 11:46:41 WIB

@dhimas bedanya website dan web desain apa ya mas...hahah seng sabar mas!!big grin
24
Komentar Dikirim oleh Bimakov pada 18 Februari 2008 11:52:23 WIB

@UDIN ga perlu dihindari mas udin, saran saya pake frontpage/ Ms-expression emang lebih sederhana daripada Dreamweaver, tapi itu justru memudahkan.
kita kan tetep bisa utak-atik kode html dar situ atau klo mau pake notepad ya dari frontpage/xpression trus dikopi ke notepad trus dipelajari trus...trusss big grin =)) smile
25
Komentar Dikirim oleh krakra_krukru pada 20 Februari 2008 06:01:12 WIB

ThX ya Mas dah ngasih tau belajar html, jadi aku sekarang udah isa walapun sedikit-sedikit....
Mas klo punya artikel tentang html bilang ya mas!!!!!!!!!!
26
Komentar Dikirim oleh mpi pada 28 Februari 2008 03:15:10 WIB

apa ada cd software atau panduan mudah?
27
Komentar Dikirim oleh ahmad pada 24 Maret 2008 02:18:25 WIB

wah...keren Mas...Blog sama isinya..
amat bermanfaat....
jadi tambah semangat neh tuk belajar lbh banyak lagi

wassalam
http://ocehankoe.blogspot.com
28
Komentar Dikirim oleh sam nauli pada 29 Maret 2008 07:23:47 WIB

kalau bisa sih pembelajaran pembuatan web yang buat pemula juga di buat,saya rasa pembelajaran yang team ada buat sudah cukup jelas.
29
Komentar Dikirim oleh sopian pada 31 Maret 2008 12:38:35 WIB

mas makasih sekali neh udah buat web semacam ini .. udahbelajar walau masih dikit dikit .. mas bisa kirim artike buat saya .. utk belajar di rumah .. makasih mas kalo ada .. tolong mas

kirim ke kenetcarisetoran@gmail.com
30
Komentar Dikirim oleh Rahmad santoso pada 08 April 2008 02:04:49 WIB

terima kasih yach!!!!!!! kepada bapak yg telah membuat web ini yg menjelasan kan tentang html soalnya saya seorang pemula yg ingin belajar HTML tapi pada dasarnya saya nga' tau tapi setelah bapak jelasankan say suda mengerti . tapi say minta tolong!!!!!!!!!!!!!!!!! sekali kepada bapak agar berkenan menjelaskan lagi tentang cara membuat web dan cara dasar -dasar membuat web dan di kirim kealamat email saya . Tolong yach!!!!!!!!!!!!!! pak saya mohon pada bapak kirim ke emali saya ok!!!!!!!!!!

rahmad.gelo@gmail.com atau ke
rahmad.gelo@sctvnews.com
Tolong yach pak saya sangat berharap sekali
31
Komentar Dikirim oleh doez pada 09 April 2008 08:13:31 WIB

thank's
32
Komentar Dikirim oleh andra266 pada 09 April 2008 08:35:15 WIB

maacih y tp q minta yang dah jadi langsung dunk coz kan bisa di bandingin m pnya q jd pnya q bs lbh baik lagi..gitu
tankz y
33
Komentar Dikirim oleh agus pur pada 13 April 2008 12:09:26 WIB

mas mohon kiranya mas kirim artikel ini ke goesspoerr@gmail.com
34
Komentar Dikirim oleh parus pada 15 April 2008 03:57:47 WIB

apapun komentar kritik + ato -,,, ambil positif jgn pikir negatif... maz dhimas da ngasih yg terbaik untuk manusia yg mau maju belajar internet. Kalo iri lebih baik tuangkan ide positif dan keahlianmu untuk orang banyak. bukankah kita bisa belajar dari ilmu dari orang-orang terdahulu. ....

Saran untuk Maz Dhimas bagaimana jk antum mempertimbangkan bikin buku cara bikin web dari pemula hingga master ... moga-moga tercapai ...
35
Komentar Dikirim oleh aRIEL pada 16 April 2008 10:41:57 WIB

KALAU BISA lebih detail
36
Komentar Dikirim oleh DeLt_3G@yahoo.com pada 17 April 2008 08:32:06 WIB

tolong donk kasih tau formulanya biar cpet bisa html dan kasih tau juga situs apa yang paling bagus untuk belajar html dan pemrograman web lainnya......thnk
37
Komentar Dikirim oleh Agus Setia Budiawan pada 22 April 2008 12:04:37 WIB

Wa...mas terimakasih banyak nih atas artikelnya, kalo menggabungkan php kedalam html ada artikelnya ga mas?
kirimin saya ya mas...

email surprisedge152000@yahoo.com

thks
Agus
38
Komentar Dikirim oleh abdulloh pada 22 April 2008 03:33:13 WIB

mudah-mudah gampang bikin website. Saya ini sudah beberapa lama mempelajari tentang Tutorial website. apakah untuk mempraktekan apa yang kita kerjakan harus online atau cukup dengan komputer saja. tolong penjelasannya dan ini alamat Email saya dan mohon izin untuk mencoba tutorial ini.
abdulabdullloh@yahoo.co.i
(ralat email)
39
Komentar Dikirim oleh abie fanesa pada 25 April 2008 11:22:44 WIB

Saya benar2 gak ngerti cara membuat html tolong sekalian di tampilkan gambar2nya dong agar dpt mempraktekkan langsung
sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

wassalam

abie fanesa
www.digebrine@yahoo.co.id
40
Komentar Dikirim oleh limneo pada 29 April 2008 12:59:46 WIB

terimakasih banyak, hebat sekali artikel HTMLnya
jadi lebih bisa ngerti tentang HTML & bisa Mempraktekanya

makasih banyak
41
Komentar Dikirim oleh nilakresna ayu pada 30 April 2008 09:05:55 WIB

thanxs banget atas materi-materinya.. Q jadi bisa belajar HTML dengan mudah dan mengikuti pelajaranpun dengan enjoy.. thanxs ya???? tambahin lagi dong materi-materinya....
by:nak\" mULti media pwt
42
Komentar Dikirim oleh siwu pada 15 Mei 2008 12:45:51 WIB

makasich ya...materinya....
q jadi banyak belajar darinya...he..he....
43
Komentar Dikirim oleh arif taufiq pada 26 Mei 2008 01:51:21 WIB

terimaksih mass dan saya bisa berlangganan kalo mau belajar tentang html maas.....terimaksih atas semua postingan nya yaa terimaksih wassalam....
44
Komentar Dikirim oleh Firman_FM_84 pada 27 Mei 2008 09:42:55 WIB

Thanx infonya...

ini berarti bgt buat saya..coz bisa nambah inspirasi n imajinasi saya dalam Meng- update + Upgrade otak saya, coz otak saya udah korslet....(g\' nyambung ya...) hee.... pokokna thanx bgt dah....kl bisa yang lebih komplet ya....

45
Komentar Dikirim oleh Masim man pada 02 Juni 2008 02:22:10 WIB

Thanks atas tutorial htmlnya yang komplit.
Sangat berguna sekali bagi pemula seperti saya.

Btw, iseng2 ngeklik valid xhtml ada yang error boss.

Thanks,
Masimnet.awardspace.com

46
Komentar Dikirim oleh adit pada 03 Juni 2008 09:45:56 WIB

adit pemula dalam hal html tolong dong kirim artikel dasar2 dan contoh2 program Html yg kategorinya sedang aja dulu ke adit.upi05@gmail.com
di tunggu ya bang....
makasih untuk sebelumnya
47
Komentar Dikirim oleh nurul huda pada 09 Juni 2008 02:27:57 WIB

assalamualaikum

terimah kasih banyak kepada yang membuat artikel ini,karena sangat bermanfaat kepada pemula seperti saya
48
Komentar Dikirim oleh ilmy pada 15 Juni 2008 04:06:56 WIB

bagus juga untuk belajar dasar HTML,,
ada contoh lagi nggak
49
Komentar Dikirim oleh ilmy pada 15 Juni 2008 04:07:30 WIB

bagus juga untuk belajar dasar HTML,,
ada contoh lagi nggak
50
Komentar Dikirim oleh ilmy pada 15 Juni 2008 04:08:19 WIB

bagus juga untuk belajar dasar HTML,,
ada contoh lagi nggak

kitim ke email saya,,


ilmy.delta@yahoo.co.id
51
Komentar Dikirim oleh ilmy pada 15 Juni 2008 04:08:28 WIB

bagus juga untuk belajar dasar HTML,,
ada contoh lagi nggak

kitim ke email saya,,


ilmy.delta@yahoo.co.id
52
Komentar Dikirim oleh myrna pada 15 Juni 2008 07:55:40 WIB

saya senang dan puas dengan penjelasannya karena mdh dimengerti,tapi gmn cara supaya websitenya terkoneksi di internet.trims
53
Komentar Dikirim oleh myrna pada 15 Juni 2008 07:58:38 WIB

saya senang dan puas denagn penjelasan-y karena mdh dimengerti,tapi gmn cara supaya website yg kita buat bisa terkoneksi di internet,tolong kirim ke email saya di:

fausta_mirna@yahoo.co.id
54
Komentar Dikirim oleh iwan_karman@yahoo.co.id pada 19 Juni 2008 11:56:14 WIB

trims.. atas petunjuknya kalau dicoba semuanya masih mumet tapi yang paling terkesan cara menempel gambar yang kita ambil dari dokument dll. masih terlalu singkat .. mohon uraian yang sejelas-jelasnya.

Demikian agar maklum
Rantau Prapat.
55
Komentar Dikirim oleh fahrizal pada 21 Juni 2008 02:08:01 WIB

Mas,,,saya udah baca semua tutorial mas...
Mas aku udah coba bikin HTML dan PHP dan aku masih bingung dengan letak penyimpanan dan nama penyimpanannya... mohon di balas lewat email saya ya mas,,,aku tunggu balasanya ya mas..
david_keok@yahoo.co.id
Komentar saya tentang tutorial yg mas bikin sangat bagus buat pemulah seperti saya....terimah kasih banyak ya mas...
Salam kenal dari aku fahrizal......?????
56
Komentar Dikirim oleh arkhanis pada 27 Juni 2008 08:34:46 WIB

hehe.. makasih ya
bacanya asyik loh
tapi semua jawaban dibalas via email ya?

reikoakatsuki@yahoo.com
57
Komentar Dikirim oleh hanung pada 15 Juli 2008 11:25:27 WIB

mas dhimas, thanks banget nih tutorialnya. Aku jadi mengerti untuk membuat text html dalam membuat website. Aku baru banget mau belajar, tertarik & semangat untuk belajar.
Kalo untuk background colour itu kan pake code, seperti : FFFF... atau C0C0... dsb, tahunya darimana ya untuk warna yang lainnya. Tolong diberitahu ya mas. Thanks banget. Sukses terus buat mas dhimas.
hanung_p_w@yahoo.co.id
58
Komentar Dikirim oleh adi pada 19 Juli 2008 10:45:41 WIB

Setelah kita menulis kode kode program pada notepad bagaiman cara melihat hasilnya?
Mohon penjelasannya dan terimakasi semoga ALLAH memberi pahala atas ilmu yang manfaat.
untung_terus78@yahoo.co.id
59
Komentar Dikirim oleh ali ilham akbar pada 21 Juli 2008 02:28:39 WIB

tolong barikan contoh pembuatan website dengan format HTML, mengenai pendaftaran calon siswa untuk sebuah sekolah
60
Komentar Dikirim oleh indra caturiyanto pada 21 Juli 2008 03:56:45 WIB

saya tertarik membaca artikel ini, sebagai pemula saya ingin belajar membuat web desain sendiri.. tolong bantu saya.. kalau saya harus ke warnet bolak balik menghabiskan biaya yang tidak sedikit.. bisakan anda mengirim artikel anda ke alamat indra.graphic@gmail.com .. THK banyak
61
Komentar Dikirim oleh Dhimas Ronggobramantyo pada 22 Juli 2008 02:12:02 WIB

@parus
Wah saya gak bakat nulis2, apalagi nulis buku, jadi liat langsung aja diweb ini.

@Agus Setia Budiawan
Cukup sisipkan kode php nya kedalam file html terus jangan lupa diubah file .html ke .php

@Masim man
Hehehe untuk halaman ini saya udah nyerah buat jadi valid, soalnya isinya contoh2 html jelas nggak valid di xhtml

@myrna
Beli domain dan hosting, terus filenya simpen dihostingya

@hanung
Itu namanya hexadecimal color, bisa dilihat diphotoshop. Atau kalau mau yang online lihat di http://www.colorschemer.com/online.html

@adi
Buka filenya pakai browser.
62
Komentar Dikirim oleh sukma wijaya pada 03 Agustus 2008 10:01:58 WIB

artikel ini sangat bagus...
saya ikut terbantu dengan adanya artikel ini..
terima kasih banyak y..
63
Komentar Dikirim oleh M Rudi pada 05 Agustus 2008 04:47:11 WIB

makasih buat artikel'y berguna bangt buat aku
eh kalo bisa aku minta latihan2 pembutan web dengan HTML.............................
Kirijm aja ke rudi_22mei@yahoo.co.id
maksih
64
Komentar Dikirim oleh p@cul pada 09 Agustus 2008 11:37:34 WIB

thanks very much banget deh
65
Komentar Dikirim oleh naben_raj pada 12 Agustus 2008 09:58:49 WIB

saya senang sekali belajar tutorialhtml di web ini,karena saya lihat tidak terlalu susah untuk dicerna buat pemula.

kalo boleh saran,kasih tutorial php nya juga dong kak.

email saya:naben_raj2007@yahoo.com
thx alot
66
Komentar Dikirim oleh jhunae pada 17 Agustus 2008 03:12:02 WIB

bang da gk artikel php lengkap dengan fungisi nya
terus klo bisa
kirim tutorial nya ke jun_yudy@yahoo.co.id
oya macam alpikasi apa aj ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar